Cara Menyelamatkan Ponsel yang terjatuh ke air

cara menyelamatkan ponsel yang terjatuh ke air
Cara menyelamatkan ponsel yang terjatuh ke air


Kita tidak sadar membawa ponsel kita ke tempat yang rawan seperti ke toilet, dan tidak sengaja terjatuh ke air.

Untuk langkah awal sebelum melakukan, tentunya sobat harus cepat-cepat mengangkat ponsel dari air agar tidak masuk lebih dalam ke celah-celah tersempit ruang kosong dalam ponsel sobat tersebut. Karena semakin lama berendam, maka tidak dipungkiri lagi bahwa banyak juga air memenuhi ruang didalam ponsel yang akan mengakibatkan kerusakan elemen penting didalamnya. Nah yang sering jadi pertanyaan sebelum melakukan langkah pencegahan atas kerusakan, apa sajakah itu ?

Simak caranya berikut:

Jangan mencoba untuk menghidupkan ponsel yang masih basah (lepas baterai dan tutup casing bagian belakang

- Jangan menekan tombol apapun (entah itu power, kunci dan tombol home)

- Jangan terlalu menggoyangkan atau menggerakkan ponsel.

- Jangan membongkar mesin ponsel sendiri (sebab dapat membatalkan garansi)

- Jangan coba-coba mengeringkan dengan alat pengering atau pemanas.


Dengan kita mewaspadai semua tindakan yang sudah kami jelaskan diatas, maka langkah-langkah untuk menyelamatkan  ponsel dari kerusakan adalah :

1. Matikan Ponsel jika masih hidup dengan cara melepas baterai dan memposisikan HP dalam keadan tidur dengan layar diatas.

2. Lepaskan juga Micro SD serta SIM Card yang masih menempel.

3. Ambil kain atau kertas yang bisa menyerap air dan lap bagian yang basah guna mencegah masuknya kembali sisa air tersebut.

4. Jika air sudah terlanjur banyak masuk kedalam mesin, maka tidak ada salahnya jika sobat mencoba menggunakan alat penghisap debu (Vacum) guna mengeluarkan air.

5. Alternatif lain yaitu mengubur HP pada karung yang penuh beras, sebab perlu diketahui bahwa beras merupakan media yang baik dan mempercepat penyerapan.


6. Fungsikan kembali ponsel yang tidak terpakai, karena sebisa mungkin usahakan ponsel yang tercebur tersebut tidak dipakai dulu sampai benar-benar kering.

7. Setelah sekitar 3 atau 4 hari, sobat bisa mencoba menyalakan dan mengecek apakan ponsel masih berjalan normal, salah satunya yaitu mencoba melakukan panggilan dan memainkan music, hal ini berguna untuk memastikan speaker bekerja dengan baik atau tidak.

8. Jika ponsel tidak mau menyala, kemungkinan baterai kosong karena tidak dipakai, coba lakukan terlebih dahulu pengisian dan nyalakan. Jika masih belum bisa, mungkin sobat perlu mengkonsultasikan pada teknisi ponsel terdekat.

9. Dan pada waktu pertama menyalakan semua berjalan seperti apa yang diharapkan, alangkah baiknya tidak digunakan terlebih dahulu dalam beberapa hari. Pastikan dulu semua baik secara sempurna dan barulah maksimalkan kembali penggunaannya.

Semoga artikel Cara menyelamatkan ponsel yang terjatuh ke air di atas dapat bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Cara Menyelamatkan Ponsel yang terjatuh ke air"

Post a Comment

wdcfawqafwef